11 Koperasi Di Langkat Mendapat Penghargaan Pada Hari Koperasi Ke-77, Dorong Inovasi Menuju Indonesi Emas 2025
17 Juli 2024 - 16:01:14 WIB,    rizka - DISKOMINFO

Stabat, Langkat - 

Pj Bupati Langkat, H. M. Faisal Hasrimy, AP. M.AP., menghadiri Peringatan Hari Koperasi ke-77 tahun 2024 yang berlangsung di Alun-Alun T. Amir Hamzah Stabat, Kabupaten Langkat, Rabu (17/7/2024) pagi.

Sebanyak 11 koperasi terbaik se-Kabupaten Langkat menerima penghargaan di Hari Koperasi ke-77, mendorong inovasi menuju Indonesia Emas 2025. Koperasi-koperasi tersebut berasal dari tiga wilayah, yaitu Langkat Hulu (KUD Harta Kecamatan Selesai, KPRI Lestari Kecamatan Selesai, KPRI Bina Bersama Sei Bingai, KPRI Serba Guna Salapian), Langkat Hilir (PRIMKOPPOLRES Stabat, KOPEKA Stabat, KPRI Budi Utama Hinai, KPRI Lingkungan P dan K Babalan), dan Teluk Aru (KPRI Guru-Guru SD Pangkalan Susu, KUD BAJA Sei Lepan, KUD RATA Besitang).

Acara dimulai dengan senam kebugaran bersama Forkopimda dan seluruh anggota koperasi, dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada 30 anak yatim oleh Pj Bupati Langkat, H. M. Faisal Hasrimy, AP. M.AP.

Dalam sambutannya, Faisal Hasrimy menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir. "Terima kasih kepada semua yang hadir hari ini. Luar biasa keakraban kita, suasana yang senang dan bahagia. Koperasi merupakan benteng negara kita. Kita berkumpul di sini hari ini untuk menggerakkan semangat kita semua," ucapnya. Beliau juga menekankan pentingnya prinsip koperasi yang berbasis ekonomi rakyat dan asas kekeluargaan. "Untuk ke depannya diharapkan dilakukan pembenahan terhadap koperasi, jadikan koperasi yang menyala dan keren, melakukan perubahan dari koperasi yang konvensional menjadi koperasi yang mengikuti zaman," tambahnya.

Mengakhiri sambutannya, Pj Bupati Langkat mengucapkan selamat ulang tahun kepada seluruh warga koperasi se-Kabupaten Langkat. "Semoga koperasi yang ada semakin menunjukkan eksistensinya, tidak saja bermanfaat bagi anggota tetapi juga mampu memberikan manfaat bagi masyarakat luas," tandasnya.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Langkat, Drs. H. Sarikat Bangun, menyampaikan terima kasihnya kepada Pj Bupati Langkat yang telah hadir dan memberikan kontribusi bagi acara ini. "Koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-orang demi kepentingan bersama. Hari ini mari kita gemuruhkan koperasi di Kabupaten Langkat, saling berkenalan dan bersilaturahmi," harapnya.

Ketua panitia, Iptu (Purn) Ahmad Aslim, menjelaskan rangkaian kegiatan Hari Koperasi ke-77 di Kabupaten Langkat, termasuk senam kebugaran, pemberian santunan, hadiah lucky draw, dan pemberian piagam penghargaan kepada 11 koperasi berprestasi tahun 2023. "Pembiayaan dalam mensukseskan peringatan Hari Koperasi tahun ini sepenuhnya bersumber dari swadaya partisipasi seluruh koperasi yang ada di Kabupaten Langkat," jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat piagam kepada 11 koperasi berprestasi dari tiga wilayah: Langkat Hulu, Langkat Hilir, dan Teluk Aru. Selain itu, juga dilakukan penyerahan plakat dari koperasi kepada Pj Bupati Langkat, pemotongan nasi tumpeng, penyerahan simbolis Bendera Merah Putih, dan pencabutan hadiah utama lucky draw. Kadis Koperasi Langkat Syahrizal dalam kesempatan tersebut turut menjelaskan, "bahwa atas support penuh Bapak Pj.Bupati pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan pembinaan di berbagai kesempatan, agar koperasi menjadi gaya hidup masyarakat, yang pada gilirannya dapat memperkuat keberadaan UMKM dalam mendapatkan akses modal dengan mudah", pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Anggota DPRD Kabupaten Langkat, Ibu Azmaliah, S.Ag., Kapolres Langkat AKBP David Triyo Prasojo, SH, SIK, M.Si., Kajari Langkat Ibu Yuliarni Appy, SH, MH., mewakili Dandim 0203/LKT Mayor Inf. Hasanudin Batu Bara, Ketua PKPRI Drs. H. Legimun, M.Pd., Sekdakab Langkat H. Amril, S.Sos, M.AP., Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs. Sukhyar Muliamin, M.Si, Kadis Koperasi Syahrizal, S.Sos, M.Si, Kadis Kominfo Wahyudiharto, S.STP, M.Si, serta para Pejabat Pimpinan Tinggi dan Pejabat Administrator lainnya di jajaran Pemerintah Kabupaten Langkat, Para Camat se-Kabupaten Langkat, serta seluruh unsur pengurus kelembagaan koperasi se-Kabupaten Langkat. (ikp/kominfolangkat)